Asyiknya Menjelajah Ruang Angkasa dengan Rumah Belajar

“Ustadzah tadi seru banget ya?” Ucap salah seorang anak yang menghampiriku ketika aku membereskan peralatan laptop dan proyektor.  
“Iya, mas faqih senang tidak?” Tanyaku balik.
Namun mas faqih hanya menjawab dengan senyuman sambil terus memakan permen yang ada di mulutnya. 
Hari Sabtu tanggal 28 September kemarin murid-murid kelas B TKIT Ibnu Hajar diajak untuk menjelajah ruang angkasa. Wah memang bisa? Bisa dong 😀
Jadi jadwalnya setiap hari Sabtu adalah jadwal untuk kegiatan life skill namun khusus Sabtu ini anak-anak ada Sabtu ceria. Sempat bingung mau mengadakan apa. Ustadzah yang lain mengusulkan untuk menonton video. Tapi mereka kembali bingung video apa yang harus ditonton. Karena bila mencari di YouTube pasti rata-rata ada musiknya. Jadi FYI, TK kami adalah TK Sunnah yang didalam pembelajarannya tidak menggunakan musik atau nyanyian. 
Aku pun teringat salah satu fitur di rumah belajar. Apa rumah belajar? Rumah macam apa itu? Wah belum pada familiar ya? 

Rumah belajar
Source: belajar.kemdikbud.go.id
rumah belajar adalah salah satu platform belajar secara online dari kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) yang ditujukan untuk guru dan siswa. Ada banyak sekali fitur yang bisa digunakan. Ada 8 fitur utama yang bisa digunakan oleh para siswa dan guru untuk menunjang proses pembelajaran. Selain fitur utama juga ada fitur pendukung yang tak kalah menariknya. Fitu-fitur itu bisa dilihat di gambar berikut: 
Fitur Rumah Belajar
source: edukasi.kompas.com
Nah saat pembaTIK level 3 kemarin aku jadi teringat bahwa ada satu fitur utama yang menarik dan belum ada di bimbel manapun. Fitur itu adalah Wahana Jelajah Angkasa. Menariknya fitur ini adalah kita benar-benar diajak menjelajah ruang angkasa. Kita bisa melihat tata Surya dan planet-planet dalam bentuk tiga dimensi. Jadi serasa nyata. Selain itu kita juga bisa menjelajah tentang bintang-bintang, satelit-satelit yang ada di luar angkasa. Hanya cukup dengan membuka fitur wahana jelajah angkasa di rumah belajar dan scroll mouse saja kita sudah berasa diajak keliling luar angkasa. Silahkan klik rumah belajar untuk langsung menuju ke websitenya.
Kemarin murid kelas B begitu antusias ketika layar proyektor menunjukkan wahana jelajah angkasa dari rumah belajar ini. Mereka menghayati sekali, apalagi diiringi dengan intonasiku yang membuat mereka seolah sedang melayang di ruang angkasa. Bahkan ketika melihat sebuah planet datang mendekat mereka mulai berteriak kegirangan. Hingga memintaku untuk mengajak mereka masuk ke planet itu :D. 
Menonton Wahana Jelajah Angkasa
Tak hanya itu, anak-anak pun aku ajak untuk mengenali kebesaran Allah yang sudah menciptakan bumi dan luar angkasa yang begitu hebatnya. 
Mereka juga kuperlihatkan tentang peta Indonesia yang ada di fitur utama peta budaya dari rumah belajar. Oh ya aku juga menggunakan laboratorium Maya loh untuk mereka. Padahal sebenarnya di laboratorium Maya materinya hanya untuk SMP dan SMA. Namun tak apa, aku ingin mengajak mereka mengenali kebesaran Allah pada hal tumbuhan. Jadi kuperlihatkan mengapa tumbuhan bisa menghasilkan buah-buahan, biji, udara itu karena proses fotosintesis. 
Mengamati proses fotosintesis 
Beruntung sekali bisa kenal rumah belajar karena fiturnya lengkap, gratis dan tersedia untuk jenjang mulai dari PAUD hingga SMA. Ayo manfaatkan fasilitas dari pemerintah yang dibuat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia ini. 

0 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like