DENGAN RUANGGURU SEMUA BISA JADI GURU

Guru, sebuah profesi yang masih dianggap sebelah mata di negara kita tercinta, Indonesia. Kesejahteraan para guru masih jauh panggang dari api. Bahkan mirisnya terkadang gaji buruh lebih tinggi dibanding gaji guru. Namun, rendahnya kesejahteraan guru, tidak lantas membuat banyak orang mundur menjadi guru. Justru semakin banyak orang yang berlomba-lomba menjadi guru.

 Karena apa?

Karena profesi guru adalah profesi paling mulia. Meski tak dinilai dengan uang, ada pahala yang mengalir disana, begitulah keyakinan yang membuat banyak guru di Indonesia bertahan meski di tengah keterbatasan ekonomi. Karena mereka percaya bahwa setiap huruf ilmu yang mereka ajarkan apabila murid-muridnya menyerap dan mengamalkannya dengan baik maka pahala kebaikan akan terus mengalir kepada guru tersebut.

Nah, di era modern ini yang namanya guru itu nggak sekedar ngajar di kelas loh ya. Zaman teknologi seperti ini siapa saja bisa jadi guru loh, dengan mengajarkan sesuatu hal. Ada anak kuliahan yang nyambi kerja jadi guru privat, ada guru yang mengajarnya di depan kamera seperti para master teacher ruangguru. Meskipun ngajarnya di depan kamera namun bisa diikuti oleh jutaan siswa di seluruh Indonesia.

Menurutku fitur paling favorit di ruangguru adalah fitur rumah belajarnya dengan akses ribuan video pembelajaran animasi yang menarik. Durasinya tidak terlalu panjang sehingga tidak membosankan. Kualitas videonya juga bagus banget, tidak goyang , yah karena sudah professional. Tutornya menjelaskan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga menjadi sarana belajar juga untuk para muridnya.

Ternyata keberadaan rumah belajar itu bukan hanya menguntungkan para siswa saja loh. Ternyata para guru pun diuntungkan dengan adanya ruang belajarnya ruangguru ini. Bagi yang basic pendidikan sarjananya memang jalur pendidikan dan sekarang menjadi guru adanya ruang belajar ini bisa membantu mereka dalam mengajar. Salah satunya dengan dijadikan media pembelajaran. Terkadang murid memang membutuhkan visualisasi dalam rangka untuk mengerti dan memahami mata pelajaran yang sedang dipelajarinya. Guru bisa menggunakan video pembelajaran untuk dijadikan tambahan media pembelajaran untuk menunjukkan visualisasi atas materi yang sedang diajarkan.

Sepertinya tak hanya guru formal saja yang mendapatkan keuntungan dari adanya ruang belajar ini. Namun guru yang basic-nya bukan dari pendidikan pun kecipratan keuntungan dari ruangguru ini. Dengan ruangguru, semuanya bisa jadi guru. Memang menurutku bagiku setiap orang adalah guru bagi siapapun. Seperti cerita dua temanku yang berprofesi jadi guru privat atau guru freelance.

Cerita pertama adalah temanku yang bekerja di salah satu rumah sakit di Bekasi. Meskipun ia sudah bekerja di bidang kesehatan namun ia punya kepedulian yang besar di bidang pendidikan. Saat awal bekerja di Bekasi, ia merasa gabut. Karena ia sebenarnya tipikal anak yang aktif. Saat kuliah saja aktif berorganisasi, bahkan kadang selesai kegiatan sampai menjelang tengah malam. Nah, daripada gabut, dia mendaftar menjadi tutor di ruangguru. Ia mendapatkan beberapa murid. Ia sering mengakses video dari ruang belajar yang bisa dijadikan referensi dalam mengajar para muridnya. Di sela-sela kesibukannya setelah bekerja di rumah sakit, ia teruskan dengan mengajar hingga larut malam. Hasilnya tak sia-sia kini muridnya telah mengikuti ujian dan mendapatkan nilai memuaskan.



Cerita kedua adalah seorang kawan yang pernah menjadi guru privat di sebuah asrama yang diperuntukkan untuk anak yatim piatu. Ia menggunakan ruangguru saat awal-awal baru ada ruangguru. Ia cukup terbantu dalam mengajar anak-anak terutama dalam mata pelajaran Matematika dan IPA. Ia mendapatkan akses gratis dari lembaganya untuk mengakses ruangguru. Ia menggunakan ruangguru untuk mencari referensi soal. Karena ia memang basic-nya bukan pendidikan. Dengan melihat soal yang ada di ruangguru, ia bisa membuat soal sendiri dan belajar dari pembahasan dari setiap soal yang ada di ruangguru. 

Wah luar biasa sekali ruangguru. Oh ya selain itu di ruang belajar ada loh video pembelajaran untuk pelatihan guru. Wow menarik ya!

Ruangguru memberikan solusi masalah pendidikan di Indonesia, tak hanya untuk para murid Indonesia namun juga untuk para guru yang ada di Indonesia. Proud of you ruangguru.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like