Sayangi Diri dengan Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Saat Menstruasi

Tahukah kamu tanggal apakah 28 Mei 2021 lalu? Ternyata tanggal 28 Mei 2021 lalu menjadi hari yang bersejarah lho untuk para perempuan.

Emang ada apa, sih? Tanggal 28 Mei lalu diperingati sebagai hari menstruasi sedunia. Aku juga baru tahu ketika mengikuti Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi yang diadakan oleh Ikatan Psikolog Klinis Indonesia dan Mundipharma Indonesia dan diikuti oleh seribu perempuan Indonesia.

Kenapa ada webinar itu? Webinar tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati hari mesntruasi sedunia sekaligus upaya mengedukasi para perempuan untuk meningkatkan kesadaran tentang manajemen kebersihan menstruasi (MKM).

Selain itu, Mundipharma Indonesia juga sedang mengadakan kampanye #YangIdeal dengan tujuan mengajak dan mengedukasi perempuan Indonesia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim dengan tepat dan sesuai kebutuhan.

Apa itu Hari Menstruasi Sedunia?

Penasaran nggak sih kenapa tanggal 28 Mei diperingati sebagai hari menstruasi sedunia? Ternyata tanggal 28 Mei punya arti filosofisnya, lho.

Angka 28 melambangkan rata-rata siklus menstruasi sedangkan bulan Mei yakni bulan kelima melambangkan rata-rata durasi menstruasi perempuan Indonesia.

Mengapa sih perlu ada hari menstruasi sedunia? Tentunya dengan ada hari menstruasi sedunia ini membuat perempuan makin aware akan pentingnya manajemen kebersihan menstruasi (MKM) dan menghapus stigma negatif tentang menstruasi.

Fakta Tentang Kesadaran Menstruasi di Indonesia

Menstruasi menjadi proses biologis normal yang menunjukkan tanda pubertas pada diri seseorang. Sayangnya pembahasan tentang menstruasi bagi perempuan itu masih jarang dibahas dan terkesan tabu membicarakan tentang menstruasi.

Beruntung apabila anak perempuan memiliki ibu yang terbuka dan mau mengedukasi anaknya tentang menstruasi. Namun, terkadang ada yang tak seberuntung itu dan justru mengetahui pengetahuan menstruasi dari temannya.

Dr. Dwi Oktavia Handayani, M.Epid sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menerangkan bahwa kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya manajemen kebersihan selama periode menstruasi masih sangat rendah.

Bagaimana datanya terkait kesadaran perempuan Indonesia akan MKM, sekilas data yang diberikan seperti dalam infografis ini.

Sumber: Materi Presentasi Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Sedangkan menurut Burnet Institute and Partners dan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjukkan bahwa 5 dari 10 anak perempuan tahu apa yang harus dilakukan saat menarke atau menstruasi pertama.

Kemudian data lainnya menunjukkan bahwa 6 dari 10 anak yang bertanya menstruasi kepada ibunya. Hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4-8 jam, sisanya mengganti pembalut dua kali sehari, dan hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

Cara Menjaga Kebersihan Masa Menstruasi

Mengapa sih penting untuk menjaga kebersihan dan keamanan saat menstruasi? Saat menstruasi organ intim kita mengeluarkan darah dari dalam tubuh. Darah bila tidak dibersihkan dengan baik akan menjadi tempat kesukaan bakteri. Oleh karena itu, penting untuk dijaga kebersihannya.

Menurut penjelasan Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH, Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), saat menstruasi risiko infeksi meningkat karena ada pertambahan bakteri buruk di vagina, lantas apa yang terjadi? Ketika bakteri buruk bertambah banyak maka menurunkan tingkat keasaman vagina.

Apa yang terjadi jika kita tidak menerapkan manajemen kesehatan menstruasi? Berbahayanya adalah bisa menyebabkan keputihan, iritasi vagina oleh bakteri buruk, gatal di vagina, memunculkan bau tak sedap di vagina bahkan bahaya paling buruk adalah menyebabkan kanker serviks. Seram, ya?

Nah, agar bahaya tersebut tidak terjadi, maka yuk kita jaga kebersihan saat menstruasi. Caranya bagaimana? Simak gambar berikut ini!

Sumber: Materi Presentasi Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Nah, selain menjaga kebersihan diri saat menstruasi, penting juga untuk membuang pembalut dengan cara yang benar. Caranya bagaimana? Kamu bisa melihat pada gambar berikut:

Sumber: Materi Presentasi Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Ibu, Sudahkah Ngobrol Tentang Menstruasi Kepada Anak Perempuanmu?

Teruntuk ibu yang punya anak perempuan yang sudah memasuki usia pubertas, sudahkah engkau mengobrol tentang menstruasi kepada anak perempuanmu? Kalau belum, bicaralah sekarang ini.

Jangan menilai bahwa pembicaraan tentang menstruasi itu tabu. Justru pembicaraan tentang menstruasi itu penting.

Menurut Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si. selaku Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, menjelaskan bahwa anak perempuan yang tak pernah ngobrol tentang menstruasi bersama ibunya cenderung merasa takut, bingung, dan malu saat menarke (pertama menstruasi).

Ternyata ada bahayanya kalau topik menstruasi ini tidak dibicarakan oleh seorang ibu kepada anaknya. Apa sajakah itu?

  • Menimbulkan munculnya emosi negatif seperti takut, cemas, marah, malu, dan lainnya.
  • Ketidaksiapan mengatasi menarke.
  • Kesalahpahaman tentang menstruasi.

Nah, sebaliknya ketika dibicarakan akan memberikan banyak manfaat seperti:

  • Kesehatan reproduksi remaja lebih baik.
  • Menunda hubungan seksual pertama.
  • Mengurangi risiko masalah kesehatan mental terkait seksualitas.
  • Relasi ibu-remaja jadi lebih dekat.

Tenang, ibu. Berikut ada beberapa tips yang bisa ibu-ibu coba untuk mulai mengobrol tentang menstruasi bersama anak, yaitu:

  1. Perlu ibu-ibu ingat bahwa ibu adalah sumber info utama yang diharapkan anak perempuannya ketika ia penasaran dengan hal-hal terkait menstruasi.
  2. Sesungguhnya pembicaraan tentang menstruasi itu tidak tabu, bicarakanlah segera ketika anak perempuan ibu sudah menunjukkan tanda pubertas.
  3. Ngobrol tentang menstruasi tak bisa hanya sekali saja. Ngobrollah sesering mungkin disesuaikan dengan usia sang anak.
  4. Pandanglah isu-isu pubertas dengan positif.
  5. Jadilah pendengar yang baik bagi anak. Sediakan waktu ibu untuk mendengar pertanyaan dan keluhan sang anak. Jangan terkesan menggurui, cobalah dengan metode bertanya kepada anak.
  6. Jelaskan secara konkret bisa dengan menunjukkan anatomi tubuh sederhana dan cara memakai pembalut yang benar.
  7. Jangan lupa jelaskan tentang menstruasi ini kepada anak laki-laki agar mereka paham siklusi biologis perempuan dan tak menjadikan menstruasi sebagai sarana bullying.

Solusi Kesehatan dan Kebersihan Saat Menstruasi

Beruntung sekali dengan adanya hari menstruasi sedunia, menjadi sarana reflektif untuk saling memberikan pemahaman tentang menstruasi yang benar. Seperti yang dilakukan oleh Mundipharma Indonesia.

Mada Shinta Dewi, Country Manager Mundipharma Indonesia menjelaskan bahwa Mundipharma Indonesia terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia.

Tahun 2021 ini Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari.

Agar semakin tenang, kita bisa menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim dengan menggunakan cairan pembersih yang memiliki pH yang setara atau hampir sama dengan pH normal vagina. Berapa pH normal vagina? Idelanya pH normal vagina berkisar antara 3.5-4.5.

Sumber: Materi Presentasi Webinar Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Salah satu produk yang bisa kita coba untuk menjadi solusi menjaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi adalah dengan menggunakan produk BETADINE® Feminine Care.

BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable.

Untuk sehari–hari, BETADINE® Feminine Wash dilengkapi dengan Prebiotik yang merupakan makanan dari bakteri baik dan memberikan perlindungan alami sehari–hari. Untuk infeksi di area kewanitaan, BETADINE®Feminine Hygiene dengan Povidone–Iodine yang memiliki spektrum luas dan terbukti mengatasi keputihan berlebih, gatal, bau tak sedap dan iritasi ringan yang kerap terjadi saat menstruasi.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah di mana beli produk BETADINE® Feminine Care? Kamu bisa membelinya di akun Shopee Betadine Official dan akun Tokopedia Betadine Official.

Wah, memang penting sekali ya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi. Sudahkah kamu menerapkan manajemen kebersihan dan kesehatan saat menstruasi?

0 Shares:
24 comments
  1. Ibulah yang memang berperan penting dalam mengedukasikan tentang menstruasi kepada anak perempuannya jangan sampai bertanya kepada temannya atau lewat internet ya

    1. Tuh kan ya, kalau kita kurang paham tentang manajemen kebersihan saat menstruasi, efeknya padahal ada ya pada kondisi kesehatan wanita.

  2. Insightdull banget webinarnya. Sangat mencerahkan dan bermanfaat ya. Jadi makin semangat untuk membagikan ilmu dan mengedukasi teman-teman agar lebih peduli pentingnya mengajarkan anak tentang apa itu menstruasi dan menjaga kebersihan saat menstruasi.

  3. wah jadi lebih sayang sama diri sendiri sih seharusnya, karena beruntung banget ada peringatan hari menstruasi yang bikin kita jd lebih tahu tentang menstruasi ya 🙂

  4. Ngeriiiiii kalau tahu dampak buruk jika kita lalai dalam kebersihan area kewanitaaan. Beruntung sekali saya bisa ikut webinar ini. Bisa sampaikan informasi ini kepada anak perempuan saya. Alhamdulillah

  5. Karena menyayangi diri sendiri gak melulu rajin merawat wajah dan kulit, penting banget juga untuk tau dan menerapkan prinsip manajemen kebersihan menstruasi untuk menghindari permasalahan area v yang serem yaa

  6. Masih banyak loh yang abai membuang pembalut tanpa dibersihkan
    Padahalk harusnya dibersihkan ya kak. Makasih sudah sharing ilmunya kak
    Semoga semakin banyak perempuan yang teredukasi tentang kesehatan menstruasi

  7. Kesadaran ttg menjaga kebersihan dan kesehatan menstruasi di negara kita memang kurang, krn dianggap tabu membicarakan sesuatu yg berhubungan dg organ sex. Padahal ini penting.

  8. Hallo Kak Nabila Ghadia Zia ……semoga semakin banyak yang tercerahkan ya ka. Alhamdlillaah dulu aku paham soal ini dari ibuku. Webinar yang sarat dengan misi positiv semoga semakin banyak yang tercerahkan. Saya sendiri menjadi tercerahkan soal pembersih kewanitaan yang juga ada yang aman ini.

  9. Lengkap banget pembahasan nya, Ibu mmg sosok terdepan utk materi menstruasi ini ya mb, jadi penting banget Ibu membekali diri dengan informasi ini ya mb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like