Kemampuan Menahan Diri Penting Dalam Melatih Kecerdasan Finansial

Siapa yang nggak pengen beli laptop dengan spesifikasi terbaru dan canggih?

Siapa yang nggak pengen punya baju bagus yang membuat nyaman dan cantik dipakai?

Siapa yang nggak pengen handphone dengan kecanggihan fiturnya?

Kalau ditanya pasti semua pengen, namun karena kita mengenal konsep uang untuk membeli barang maka tak semua keinginan kita akan benda-benda tersebut dapat diwujudkan.

Selain langkah yang sudah kujelaskan tentang melatih kecerdasan finansial maka kemampuan lainnya yang tak kalah penting dalam melatih kecerdasan finansial adalah Kemampuan Menahan Diri.

Kemampuan menahan diri itu penting. Misalnya kita lagi scroll sosial media dan menemukan barang-barang yang sedang diskon trus hati kita tergiur membelinya padahal ada kebutuhan yang lebih penting untuk ditunaikan terlebih dahulu. Bila kita mempunyai kemampuan menahan diri maka kita bisa menolak godaan untuk membeli barang diskon itu.

Cara untuk meningkatkan kemampuan menahan diri adalah dengan melepaskannya sejenak.

Jadi misal kamu ingin banget beli HP baru, maka jangan melulu diliat HP yang kamu incar itu. Kamu perlu menutup sejenak iklan tentang HP itu dan alihkan ke kegiatan lainnya. Kalau semakin lama kamu semakin lupa dan nggak ngerasa penting-penting amat HP baru karena HP lama juga masih baik maka selamat kamu sudah berhasil menahan diri.

Seperti yang aku alami.

Tahun depan wishlist beli gadgetku adalah laptop karena qodarullah laptopku error. Trus ketika melihat salah satu postingan influencer sosial tentang kindle yang membantu meningkatkan daya baca, aku jadi tergiur. Semalaman aku mencari info tentang kindle bahkan memasukkannya dalam wishlist gadget yang ingin aku beli.

Namun aku mencoba menahan diri, keesokan harinya aku sibukkan dengan kegiatan lain. Alhamdulillah keinginan menggebu itu berkurang karena ada kebutuhan lain yang perlu diutamakan.

Jadi, sudah bisakah kamu menahan diri ? Selamat berlatih

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like