RAPAT JADI EFEKTIF DENGAN KOMUNIKASI PRODUKTIF

Ceritanya hari ini nostalgia zaman kuliah. Zaman kuliah itu jadi mahasiswa kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat). Bedanya sekarang kerja rapat-kerja rapat, kalau disingkat jadi….. ups kok nggak enak ya singkatannya :D. Yeah, hari ini rapat bahas projek bareng komunitas yang aku dan teman-teman dirikan di kampung Karangkobar Tercinta. Kita lagi akan membahas persiapan sosialisasi duta literasi di Karangkobar demi kemajuan tingkat literasi di Karangkobar khususnya dan berkontribusi sedikit untuk negeri Indonesia tercinta.
Nah, malamnya tuh habis mendengarkan inspigo terkait rapat efektif. Sering banget kita rapat trus jatuhnya lama karena waktunya molorlah atau pembahasan rapat yang ngalor-ngidul kurang jelas. Tadi malam belajar banyak tentang bagaimana membuat rapat itu jadi efektif dan efisien. Nah, aku trus mikir sepertinya cara membuat rapat itu jadi efektif dan efisien itu berkaitan erat dengan komunikasi produktif.
Kalau tips dari inspigo untuk membuat rapat efektif itu adalah sebagai berikut:
a.       Tentukan agenda pembahasan rapat
b.      Tentukan peran dari masing-masing peserta yang datang
c.       Datang tepat waktu.
d.      Buatlah catatan
Nah, hari ini aku mempraktekkan cara membuat rapat efektif dengan kolaborasi dari komunikasi produktif. Salah satu skill dalam komunikasi produktif adalah clear and clarify. Tadi ketika memimpin rapat aku jelaskan di awal secara jelas agenda pembahasan rapat apa saja yang perlu dibahas. Kemudian setiap poin agenda pembahasan dibahas masing-masing. Agar pembahasan tidak melebar kemana-mana. Alhamdulillah tadi meski agak molor karena ada tragedi teknis. Huhu bikin mood turun sebenarnya tragedi teknis ini. Tapi mari kita rubah masalah menjadi tantangan. Akhirnya tadi jelas sudah tahapan-tahapan untuk persiapan dan pembagian peran untuk sosialisasi. Jadi mari berkomunikasi produktif untuk hasil yang efektif.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like