Tips Membuat Anak Tidak Merengek Ketika Diajak ke Toko

Selepas sholat berjamaah  isya di masjid, aku, suamiku dan keponakanku langsung bertolak ke toko alat tulis dan kantor yang masih buka di desaku. Aku mengatakan pada Nadhia bahwa agenda kita di toko hanyalah beli kertas dan tidak ada agenda beli yang lain apalagi mainan. 

Suamiku berniat untuk membeli kertas yang akan digunakan untuk melamar tes CPNS. Saat di jalan, nadhia yang memang hobi bercerita mengatakan padaku dan suami.

“Mba Lala, Mas Puji, nadhia nggak mau beli mainan lagi, nanti dimarahin mamak soalnya.” Ucap Nadhia.

“Pinter, kalau nadhia pengen beli mainan maka nadhia nabung dulu ya. Uang jajan dari mamak disimpan dan ditabung buat beli mainan ya.” kataku.

Sesampainya di toko, suamiku langsung meminta penjaga toko untuk mengambilkan kertas, sementara aku dan nadhia melihat barang-barang yang dipajang.

Aku lihat Nadhia sedang asyik melihat pembatas. Kalau zaman dulu seusia nadhia barang yang digemari bahkan diperjualbelikan adalah kertas binder namun zamannya nadhia barang yang jadi hits adalah pembatas buku.

“Mba lala, boleh beli ini ya, please?” rengeknya.

“Hayo tadi kan mba sudah bilang kalau kita disini mau beli kertas, bukan mau beli mainan.” ucapku mengingatkannya kembali.

“Satu aja mba lala, please.”

“Nadhia, bawa uang memangnya?”

Nadhia hanya menggeleng. Kulihat suamiku sudah selesai dengan urusannya membeli kertas.

“Ayo sayang, mas puji sudah selesai beli kertasnya. Nadhia nabung dulu ya biar bisa beli pembatas.” ajakku namun  nadhia masih berdiri mematung.

“Ayo mau disini dulu apa ikut pulang bareng mas puji dan mba lala?” tawarku.

Akhirnya nadhia pun memilih untuk pulang bersama kami.

Tips sederhana agar anak tidak merengek ketika di toko adalah memberinya pijakan awal bahwa keperluan di toko bukan untuk membeli mainan namun membeli kebutuhan yang penting terlebih dahulu. 

Kalau anak masih saja merengek, coba ingatkan kembali pijakan awal tadi. Kalau menangis? Biarkan ia menangis sejenak. Karena bila dituruti maka nangis akan jadi senjatanya untuk membuat kita mengabulkan keinginannya.

Selamat mencoba !

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like