Stimulasi Kecerdasan Matematika dengan Pengklasifikasian Warna

Hal yang sering salah kaprah tentang anak usia dini adalah harus diajari berhitung dengan angka. Padahal pada usia dini belum saatnya dikenalkan dengan simbol-simbol berupa angka. 
Loh jadi tidak boleh ya mengajari anak berhitung ? 
Jawabannya tentu boleh namun perlu langkah-langkah untuk menstimulasi anak agar suka dengan berhitung. Kalau anak yang memang minta sendiri untuk berhitung dengan angka sah-sah saja asalkan kita mengajarinya dengan angka yang masih sederhana disesuaikan dengan tingkatan umurnya. 
Stimulasi untuk anak TK atau usia dini memang lebih pada stimulasi dengan ragam permainan. Nah untuk menstimulasi kecerdasan logika matematika salah satu cara yang bisa dicoba adalah mengklasifikasikan warna. 
Karena salah satu ciri anak memiliki kecerdasan logika matematika adalah anak mampu dan suka mengklasifikasikan benda sesuai dengan warna, bentuk, fungsinya. 
Nah kegiatan pada hari Selasa kemarin aku dan anak didikku bermain memasangkan potongan baju dan dipasangkan sesuai dengan motifnya. 
Ajaibnya semuanya langsung bisa memasangkan. Itu tandanya mereka memang telah memiliki kecerdasan logika matematika yang memang perlu terus diasah. 
Mungkin bunda-bunda di rumah bisa mencobanya dengan mengajak ananda untuk bermain dan masak di dapur atau bermain peran jual-jualan. Menarik itu. 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like