The Pikas, Lebih Dari Sekedar Rafting

The Pikas Natural Resort Rafting Adventure


Kapan terakhir kalinya kamu bermain ke sungai?

Hmmm, waktu SD, SMP, SMA atau bahkan belum pernah sama sekali?

Wah sayang sekali kalau selama hidupmu belum pernah bermain ke sungai. Bermain di sungai itu mengasyikkan. Suara gemericik air yang mengalir dan melewati bebatuan sungai itu bisa menenangkan pikiranmu. Bukankah setiap sesi relaksasi pasti diiringi dengan suara gemericik air? Bonus dari bermain di sungai adalah kalau beruntung bisa melihat pemandangan kerbau yang bermain di pinggir sungai.

Dulu saat SD aku sangat suka bermain di sungai yang ada di dekat rumah. Maklum saja tahun 2000an awal belum banyak orang yang memiliki kamar mandi sendiri sehingga sungai-sungai dekat rumah jadi ramai karena warga desa berbondong-bondong untuk pergi ke sungai. Dulu waktu kecil saking kreatifnya anak-anak, mereka menata batu kali yang ada di sungai sehingga membendung aliran air. Aliran air yang terbendung itu membentuk seperti kolam, jadilah kolam renang alami ala anak-anak dahulu. Sungguh bahagia rasanya saat itu.

Pemandangan yang menarik ketika bermain di sungai adalah apabila sore hari bisa melihat kawanan kerbau yang bermain di jajaran batu kali yang ada di sungai. Lama sudah aku tak melihat pemandangan kawanan kerbau bermain di sungai dan saat aku bermain ke the pikas aku melihat pemandangan indah itu kembali.

Kapan terakhir kamu melihat kerbau bermain di sungai?

Kerbau di Sungai Serayu



Kalau aku beberapa hari lalu melihat pemandangan indah itu sembari makan di the pikas resto.
The Pikas? Ada yang pernah dengar apa itu The Pikas?

Pasti yang suka bermain di sungai untuk rafting sudah paham dengan the pikas. Kalau belum sini aku kasih tahu.

Jadi The Pikas ini salah satu icon pariwisata di Kabupaten Banjarnegara yang cukup terkenal dengan wisata raftingnya. The Pikas ini mengusung konsep alam dalam pengembangan wisatanya. The Pikas pertama kali ada tahun 2009 dan satu dekade ini perkembangannya pesat sekali. Banyak wisatawan dari luar Banjarnegara yang sengaja ingin merasakan sensasi rafting di the pikas ini. Bahkan kurang lebih sekitar sembilan puluh persen pengunjung itu rata-rata berasal dari luar Banjarnegara. WOW!

Banyuwong Rafting Banjarnegara



Tidak hanya itu, saking mempesonanya the pikas yang mengusung rafting di sungai serayu ini sehingga sudah dua kali the pikas ini jadi tuan rumah untuk perhelatan rafting tingkat dunia. Tak hanya tentang rafting saja, disini juga sering diadakan berbagai macam festival yang menarik.

Di The Pikas ada lima titik start untuk memulai rafting dengan titik finish yang berbeda-beda. Dimana sajakah empat titik itu? Ini dia lima titik itu
  1. Start di Randegan, finishdi The Pikas dengan jarak 16 km ditempuh dalam durasi 3,5 jam.
  2. Start di Boja, finishdi The Pikas dengan jarak 14 km ditempuh dalam durasi 3 jam.
  3. Start di Prigi, finishdi The Pikas dengan jarak 7 km ditempuh dalam durasi 1 jam.
  4. Start di Pikas, finishdi Surya Yudha Park dengan jarak 10 km ditempuh dalam durasi 2 jam.
  5. Start di Randegan, finishdi Surya Yudha Park dengan jarak 26 km ditempuh dalam durasi 5,5 jam


   
Tenang saja, meskipun start-nya beda-beda sungainya tetap satu kok, yaitu sungai serayu. Untuk start rafting yang tidak dimulai dari The Pikas nanti disediakan mobil untuk transportasi menuju titik tersebut.

Dari kelima titikstart itu yang paling disukai para wisatawan adalah titik start Boja dan tahukah kamu bila kamu rafting dengan titik awal Randegan dan finish di Hotel Surya Yudha akan memakan waktu kurang lebih lima setengah jam? WOW! Durasi waktunya berasa dari Banjarnegara ke Semarang saja.

Rafting di sungai serayu memang punya sensasinya sendiri dan berbeda dengan sungai lainnya. Ada beberapa hal yang membuat sungai serayu ini menjadi tempat yang mengasyikkan untuk rafting.

Pertama, Sungai serayu ini sepanjang tahun bisa digunakan untuk rafting. Entah itu musim hujan atau musim kemarau. Beberapa hari lalu waktu aku berkunjung ke The Pikas ini ada banyak orang yang habis saja melakukan rafting padahal bulan agustus kali ini masih termasuk musim kemarau.

Kedua, Akses sungai serayu ini paling gampang dijangkau. Dari jalan besar saja sudah terlihat sungainya. Berbeda dengan sungai lainnya yang digunakan untuk rafting, para wisatawan perlu masuk lebih dalam untuk mengakses tempat rafting.

Ketiga, Karena aksesnya yang terjangkau dengan jalan besar maka evakuasi lebih mudah dilakukan apabila terjadi hal yang tidak terduga. So, jangan khawatir tentang safety-nya ya. Kalau ikuti prosedur dan berdoa sebelum bermain insya Allah hal yang tidak terduga bisa diminimalisir.

Keempat, Bila di sungai lainnya jika hujan besar maka akan mudah sekali untuk banjir bandang. Berbeda halnya dengan sungai serayu ini. Kenaikan di sungai serayu ini tidak ekstrim, air naik dengan durasi waktu tertentu saja.

Kelima, Adrenalin ketika rafting di sungai serayu lebih meningkat karena di sungai ini banyak sekali jeram yang akan membuat perjalanan rafting semakin mengasyikkan.

Sungai serayu punya alat pengukur untuk menentukan apakah air berada dalam posisi aman untuk rafting. Untuk jam pemberangkatan trip pagi mulai pukul 08.00 siang, 11.00 siang dan terakhir 14.00 siang (jika cuaca memungkinkan).

Saat musim kemarau satu perahu bisa diisi lima penumpang dan satu pemandu. Berbeda halnya dengan saat musim hujan bisa diisi enam orang penumpang dan satu pemandu. Setiap perahu yang berangkat trip pasti akan ditemani satu perahu rescue yang mengawal.

Untuk harganya sesuai dengan darimana titik keberangkatannya dimulai.

Bila dimulai dari randeganmenuju surya yudha park harga per-orangnya adalah Rp 350.000
Bila dimulai dari randeganmenuju the pikas harga per-orangnya adalah Rp 245.000
Bila dimulai dari bojamenuju the pikas harga per-orangnya adalah Rp 220.000
Bila dimulai dari the pikas menuju surya yudha parkharga per-orangnya adalah Rp 205.000
Bila dimulai dari prigimenuju the pikas harga per-orangnya adalah Rp 185.000

Harga diatas sudah termasuk fasilitas welcome drink, air mineral, kelapa muda, snack, makan satu kali, transport ke start point, sertifikat dan asuransi. Wah paket plus-plus ya. Murah banget ini hitungannya.

Sebenarnya tempat wisata yang mengelola rafting di Banjarnegara tak hanya The Pikas. Namun The Pikas memang memiliki daya pikatnya sendiri.

Pertama, The Pikas memiliki parkiran luas. Parkiran ini penting loh wahai para pengelola tempat wisata.

Kedua, Terdapat mushola dan kamar mandinya lebih banyak jadi tidak perlu antri-antri.

Ketiga, Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota maka bisa menginap di cottage yang tersedia. Desain cottage-nya pun unik, alami sekali dan membuat betah tinggal di dalamnya. Harga cottage-nya bervariasa per-malamnya tergantung kapasitasnya. Kapasitasnya bisa diisi mulai dari 2 orang hingga delapan orang. Range harganya berkisar dari mulai Rp. 450.000 sampai Rp. 1.000.000 dengan fasilitas air mineral, busa matras, kamar mandi dalam dan sarapan pagi. Mantap bukan?

Cottage dengan suasana pedesaan



Di The Pikas itu tak hanya rafting loh. Kalian bisa melakukan camping, outbond ataupun paintball disana. Wah seru bukan? Pokoknya kalau sudah masuk area The Pikas itu pikiran jadi fresh dan rasanya pengen lebih lama tinggal disana.

Untuk harganya nih aku kasih tahu. Ada beberapa paket selain paket rafting. Ada apa aja nih.

Pertama, Dieng+Rafting itu harganya Rp. 750.000 dengan fasilitas trip guide, transport dari stasiun purwokerto ke Dieng, 4 tempat tujuan, makan 3 kali dan menginap di cottage.

Kedua, Rivercamp dengan harga Rp 480.000 dengan fasilitas rafting 14 km, menginap di cottage, makan 3 kali, snack dua kali, jagung bakar, dokumentasi hiburan (jika diatas 40 pax)

Ketiga, Outbond dengan harga Rp 175.000 dengan fasilitas 5-6 permainan, peralatan, instruktur, makan sekali, snack sekali dan air mineral.

Keempat, Nah yang suka paintball cukup bayar Rp 85.000 dengan fasilitas instruktur, senjata google, protector, peluru cat 25 butir dan area perang.

Arena Paint Ball



Kalau kamu disana lapar maka Pikasto solusinya. Makanannya enak dan harganya terjangkau mulai dari Rp. 20.000 saja.

Kelebihan The Pikas juga ia memiliki lembaga pendidikan loh. Ada PAUD dan sekolah perhotelan dan pelayaran. Wah keren ya. PAUD nya namanya Darwis School, sekolahnya banyak kegiatan yang berhubungan dengan alam gitu. Nah untuk sekolah perhotelan dan pelayaran di The Pikas juga ada. Aku malah baru tahu nih. Sekolahnya lebih mengasah life skill. Pemberian materi hanya 4 bulan selanjutnya magang selama enam bulan. Lulusannya disalurkan ke beberapa hotel di Indonesia dan kapal wisata dunia. Wah baru tahu. Nama sekolahnya itu Pikas Hotel and Resort Education.

Darwis School
Info Tentang Pikas Hotel And Resort Education Banjarnegara



Oh ya buat kamu yang mau nikah dengan konsep alam dan outdoor bisa banget loh di The Pikas. Keren pemandangannya. Ah jadi pengen 😀 , ups

Arena Outdoor yang Luas



Buruan kepoin webnya pikas di www.thepikas.com atau bisa reservasi di 08122662155/081327143559 atau di nomor telepon (0286) 593000.


0 Shares:
2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like