Timmyness, Nilai Perusahaan Idaman Generasi Milennial| Bikin Kamu Betah Kerja!

Pagi ini aku baru saja menyelesaikan membaca beberapa lembar buku biografi yang berjudul Sang Burung Biru. Dalam buku ini kita akan dibawa hanyut oleh percakapan antara taksi tua dan taksi muda. Taksi tua menceritakan awal mula perjuangan seorang wanita tangguh bernama Bu Djoko yang merintis usaha taksi setelah kepergian suaminya hingga kini menjadi perusahaan taksi terbesar di Indonesia.

Berawal dari dua buah mobil yang merupakan hadiah yang diberikan setelah kepergian suaminya hingga kini memiliki ratusan armada taksi yang hampir tersebar di seluruh Indonesia. Benang merah yang aku ambil dari buku biografi ini adalah betapa nilai perusahaan yang terus ditancapkan dalam setiap gerak langkah perusahaan dan karyawannya akan membuat sebuah perusahaan tumbuh melesat bak anak panah dengan karyawan yang memiliki loyalitas tinggi. 

Awalnya para calon sopir yang melamar menyepelekan hal ini, “Cuma nglamar jadi sopir saja kok ribet amat.” Pada akhirnya mereka menjadi jatuh hati dan loyalitas mereka terhadap perusahaan meningkat karena nilai perusahaan, visi, dan misi perusahaan telah menyatu dalam jiwa raga mereka. Kini nilai perusahaan bukan hanya milik perusahaan namun mereka ikut memilikinya juga. 

Kini nilai, visi, misi, dan budaya perusahaan menjadi magnet pemikat para pelamar kerjaan.

 Berbicara tentang nilai perusahaan, aku jadi teringat dengan IDN Media. Aku mengenal IDN Media semenjak aku kuliah, kurang lebih tahun 2014. Aku melihat pertumbuhan yang sangat pesat di IDN Media. Apalagi ketika melihat status LinkedIn Winston Utomo, Founder dan CEO IDN Media tentang merayakan anniversary IDN Media HQ. 

Postingan LinkedIn Winston Utomo 

 Keren banget IDN Media, pengen banget jadi bagian IDN Media apalagi pas tahu nilai, visi, dan misi perusahaan yang pokoknya aku banget. 

Sejak awal adanya IDN Media, aku kagum dengan kelebihan IDN Media dibanding media lainnya. Kelebihan yang aku tangkap adalah IDN Media menyajikan informasi akurat yang dikemas dengan bahasa tutur anak millennial. Bahasanya asyik tapi tak meninggalkan esensi informasi yang akurat.

Faktor yang Membuat Generasi Muda Loyal dan Betah Bekerja

Generasi muda ini yang menurut Indonesia Millennial Reports 2019, dibagi menjadi dua yakni junior millennial yang usianya ada dalam rentang 20-27 tahun dan senior millennial yang usianya ada dalam rentang 28-35 tahun. 
Menurut Indonesia Millennial Reports 2019 yang dikeluarkan oleh IDN Media dan Alvara Strategic, faktor tertinggi yang mempengaruhi senior millennial maupun junior millennial dalam memilih  pekerjaan adalah faktor gaji disusul faktor jenis/teknis pekerjaan, brand perusahaan, durasi/waktu pekerjaan, dan lokasi pekerjaan.
Bila dilihat dalam prosentasi maka faktor gaji ini sangat dominan sebesar 83,7%, sedangkan faktor teknis/jenis pekerjaan sebesar 44,4 %, dan faktor brand perusahaan, durasi perusahaan, dan lokasi perusahaan sebesar 23%.  Artinya apa? Ketika melihat lowongan pekerjaan maka yang akan dilihat terlebih dahulu adalah berapa besar gajinya. 
Namun, dibalik itu ada faktor yang membuat millennial keluat dari perusahaan. Apa itu? Millennial memiliki jiwa belajar yang tinggi dan suka mengaktualisasi diri, maka jika sebuah perusahaan kurang menyediakan sarana pengembangan diri akan menyebabkan millennial keluar dari perusahaan. 
Terus, apa dong yang membuat generasi muda loyal dan betah bekerja? Nah, masih menurut Indonesia Millennial Reports 2019, bahwa faktor yang membuat millennial betah bekerja dan loyal dalam sebuah perusahaan adalah kebebasan untuk berkreativitas, waktu kerja yang fleksibel, dan tim yang saling mendukung satu sama lain. 
Nah, tahukah kamu kalau faktor yang membuat millennial betah bekerja itu semuanya ada di IDN Media. IDN Media punya 10 nilai perusahaan yang dikenal dengan sebutan Timmyness. Penasaran gak sih, apa saja 10 nilai Timmyness itu? Yuk simak sampai selesai ya. 

Timmyness IDN Media

Oh ya, ada panggilan unik untuk orang yang bekerja di IDN Media. Mereka dipanggil Timmy. Wah imut-imut sekali ya panggilannya. Ternyata, itu ide dari Winston Utomo, sang founder sekaligus CEO, nama Timmy itu terinspirasi dari pemain basket legenda NBA yakni tim Duncan.
Asal Mula Timmy
Sumber: LinkedIn Winston Utomo
Oke, biar gak penasaran, yuk kita bedah 10 nilai IDN Media yang bakal membuat kamu betah kerja disana. 

1. Bringing Creativity, Sincerity, and Passion to the Work.

Siapa, nih, para penyeru bekerja itu harus sesuai passion? Nah, di IDN Media, mereka sangat menghargai passion, kreativitas, dan ketulusan. Masa depan memang akan perlahan digantikan dengan kecanggihan teknologi, namun hal yang tidak bisa digantikan oleh teknologi adalah kreativitas dan ketulusan. Karena keduanya bersumber dari hati. 
Budaya kerja di IDN Media akan membuatmu mengasah sisi kreativitasmu. Karena bekerja dalam bidang media dibutuhkan kreativitas untuk menghasilkan informasi dari berbagai sudut pandang. Kamu tak perlu bingung untuk mengasah sisi kreativitasmu. Dengan modal semangat untuk selalu upgrade diri dan belajar hal baru, kreativitas akan terasah dengan sendirinya. 
Bekerja di IDN Media juga akan mengasah ketulusanmu dalam bekerja. IDN Media percaya bahwa ketulusan hati akan membuat pekerjaan menjadi lebih bermakna. 

2. Communicating Properly and Acting Ethically

Ketika kamu bekerja, maka kamu akan bertemu dengan berbagai macam jenis karakter orang. Berbeda karakter tentu berbeda cara berpikir. Perbedaan ini wajar dan sangat normal adanya dalam dunia kerja. Namun, memang selalu ada potensi konflik internal. Nah, untuk mencegah adanya konflik internal ini kunci Timmyness nomor dua harus selalu dipegang erat oleh para Timmy.
Komunikasi yang efektif bisa menjadi faktor pencegah tersulutnya konflik internal. Oleh karena itu, IDN Times menjunjung tinggi cara berkomunikasi dengan benar dan bertindak secara etis. 

3. Thriving in Ambiguity and Fast-Paced Environment With Constant Changes

Siapa yang menyangka akan ada COVID-19 dan benar-benar memberikan perubahan yang begitu cepat bagi dunia kita saat ini. Mereka yang bisa beradaptasi dengan cepatlah yang tidak akan mudah tumbang dengan begitu cepatnya perubahan. IDN Media dalam menghadapi situasi perubahan seperti ini adalah dengan cara terus berinovasi.
IDN Media terus mendorong para Timmy untuk selalu siap siaga dan tidak takut  dengan perubahan yang begitu dinamis di lingkungan kerja. Harapannya dengan adannya Timmyness nomor 3 ini, para Timmy tidak takut atau ragu-ragu dalam mengambil resiko sehingga mereka bisa sukses dalam melewati situasi yang dinamis di lingkungan kerja.

4. Being Active and Collaborative Rather Than Competitive

Sekarang bukan zamannya lagi kompetisi, tapi kolaborasi. Kalau menurut Winston Utomo, kompetisi itu hal yang ketinggalan zaman dan bahkan bisa memicu perpecahan. Oleh karena itu, IDN Media membuat Timmyness nomor empat ini. 
Adanya partisipasi aktif dan kolaborasi yang ada di IDN Media membuat suasana saling mendukung antar karyawan. Hal ini menciptakan situasi yang positif dan suportif. Sehingga membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien.

5. Embracing Diversity

IDN Media termasuk perusahaan media besar di Indonesia dengan karyawan yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Sehingga, terdapat beraneka ragam suku, agama, budaya, hingga karakter yang ada di IDN Media. 
IDN Media mencoba memunculkan atmosfir kerja yang saling menghargai keanekaragaman, tidak ada diskriminasi apa pun disini. 

6. Maintaining A Positive Attitude Even When Things Don’t Go One’s Way

Kalau kamu cari perusahaan yang mengedepankan lingkaran positif, IDN Media jawabannya. IDN Media. Saking dinamisnya dunia kerja, kadang kita dihadapkan pada hal yang di luar rencana kita. IDN Media mendorong para Timmy untuk selalu menumbuhkan sikap positif dalam segala situasi termasuk pada hal yang di luar dugaan atau rencana sekalipun.
Dengan membiasakan berpikir positif, maka akan menularkan vibes positif ke lingkungan sekitar. Sama halnya dengan energi negatif yang mudah menular, maka energi positif pun juga menular. Daripada menularkan energi negatif, mengapa tidak menularkan energi positif saja?

7. Assisting Others In The Group With Their Work For The Benefit of The Group

Aku paling suka timmyness nomor tujuh ini. Konsep gotong royong khas Indonesia ada di IDN Media, tidak ada kerja individualis disana. Justru IDN Media mendorong para Timmy untuk saling membantu satu sama lain demi mewujudkan satu tujuan bersama. 

8. Praising coworkers when they are successful and helping them when they need it

IDN Media membuat lingkungan kerja yang nyaman untuk para Timmy, salah satunya dengan budaya apresiatif. Keberhasilan sekecil apa pun patut diapresiasi disini. Sikap apresiatif yang diwujudkan dalam sebuah budaya perusahaan akan meningkatkan rasa percaya diri para Timmy, sehingga mereka akan bekerja lebih baik dan maksimal kembali. 
Para Timmy diajarkan untuk tidak pelit memberikan pujian pada rekan kerjanya dan juga diajarkan untuk menghargai satu sama lain. Apabila ada yang membutuhkan bantuan maka perlu dibantu dengan tulus. 

9. Doing the right thing even when no one is watching

Integritas di IDN Media sangat dijunjung tinggi. Integritas berarti tetap melakukan hal yang benar sekalipun tak ada yang melihat. Integritas erat kaitannya dengan nilai-nilai kejujuran. Kejujuran seorang Timmy adalah hal utama sebelum keahlian. Karena sekali integritas ternodai maka akan menurunkan tingkat kredibilitas seseorang.

10. Seeing the company’s success as one’s own success

IDN Media bukan hanya milik Winston Utomo, kesuksesan perusahaan adalah kesuksesan dari para Timmy juga. IDN Media ingin selalu melibatkan para Timmy dalam setiap cerita keberhasilannya. Karena hal ini akan meningkatkan sense of belonging dari para Timmy. Rasa memiliki ini juga yang akan membuat para Timmy memberikan potensi terbaiknya untuk para IDN Media. Bahasa sederhananya adalah IDN Media adalah rumah yang hangat bagi para Timmy. 
Nah, itulah 10 poin Timmyness yang membuat para Timmy betah bekerja di IDN Media. Apakah kamu tertarik untuk bergabung di IDN Media? Kalau iya, kamu bisa amalkan 10 poin Timmyness ini dalam kehidupan harianmu, biar nanti saat bergabung di IDN Media sudah terbiasa.
Terima kasih IDN Media sudah memberikan inspirasi yang begitu luar biasa. Indonesia bangga punya IDN Media. 

0 Shares:
2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like