5 Cara Merawat Diri Sendiri Agar Sehat Hingga Usia Emas

Cara merawat diri sendiri agar sehat adalah topik yang sedang aku gandrungi akhir-akhir ini. Semenjak memutuskan untuk bekerja full time remote dan itu artinya aku akan bekerja terus di depan laptop berjam-jam lamanya maka aku harus mencari cara agar badanku tetap bisa bergerak aktif.

Selama ini aku tak terlalu memberikan perhatian lebih pada aktivitas olahraga. Sampai dulu pernah mengklaim diri bahwa sebenarnya tidak bisa olahraga.

Namun, semenjak usia bertambah makin kerasa bahwa tubuh ini perlu diperhatikan. Tubuh ciptaan Allah ini butuh dirawat.

Cara merawatnya pun tak sekedar dengan hanya rutin memakai skin care belaka, tapi selain itu berolahraga juga penting.

Alhamdulillah semangat untuk berolahraga sudah ada, tapi memang butuh konsisten. Biasanya pagi hari kadang melakukan jalan pagi bersama anak dan suami. Kalau tidak jalan kaki biasanya aku akan melakukan senam SKJ 2012 di dalam rumah.

Bahkan beberapa minggu terakhir riwayat pencarianku di marketplace adalah tentang peralatan olahraga seperti yoga matt dan baju olahraga. Aku ingin memulai untuk rutin aktif bergerak demi meningkatkan mood-ku.

Semangat makin menggebu ketika mengikuti acara launching produk terbaru dari Anlene yakni Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X. Senang sekali bisa ikut sesi yoga secara live bersama mba Amanda Tasning.

Jujur malam hari menjelang acara dari Anlene itu aku semangat banget karena bisa ikut yoga biar badan makin bugar. Bahkan aku sempet chat dengan Mbak Amanda di instagram, aku tanya-tanya tentang peralatan yoga untuk pemula.

Nah, di acara Anlene ini aku jadi tahu beberapa tips cara merawat diri sendiri agar sehat bahkan tetap terlihat cantik sampai usia emas. Kebetulan aku juga pelanggan dari susu Anlene jadi makin antusias deh.

Akibat dari Tidak Aktif Bergerak

Sebelum aku memberikan tips cara merawat diri, ada baiknya aku sampaikan dulu alasan kenapa penting banget kita untuk terus aktif bergerak.

Berdasarkan penelitian dari Anlene Indonesia ditemukan fakta bahwa,

  • Rata-rata hanya aktif secara fisik selama 3 jam, 7 jam sisanya tidak aktif bergerak.
  • Wanita Indonesia belum memprioritaskan kesehatan & kebugaran tubuh.
  • Hanya 2 dari 10 orang yang berolahraga secara teratur.
  • 90% wanita Indonesia setuju gaya hidup sehat dan aktif penting untuk mendukung perannya bagi keluarga dan masyarakat.

Nah, apa sih akibatnya kalau tidak aktif bergerak, berikut ini paparan dari Anlene Indonesia:

  1. Beresiko terhadap penyakit tidak menular seperti stroke, diabetes, infeksi saluran pernafasan.
  2. Rentan terhadap cedera otot dan sendi, mengakibatkan kesehatan tulang, sendi dan otot tidak maksimal.
  3. Refleks menurun.

Cara Merawat Diri Sendiri Agar Terlihat Cantik dan Enerjik Sampai Usia Emas Ternyata Sederhana

Semenjak jadi ibu dengan anak yang sekarang berusia satu tahun lebih delapan bulan, waktu untuk melakukan perawatan diri adalah waktu yang sungguh berharga.

Bagiku melakukan perawatan diri adalah salah satu bentuk me time dan bentuk apresiasi diri terhadap jasmani dan rohani yang telah Allah berikan.

Apalagi usia yang terus bertambah membuat diri ini harus semakin memperhatikan diri. Usia yang bertambah membuat potensi-potensi ancaman kesehatan semakin meningkat apabila tidak dicegah dengan pola hidup sehat.

Aku suka sekali dengan pernyataan dari Bapak Haryadi Raharjo, Scientific and Nutrition Manager, PT Fonterra Brands Indonesia yang menyatakan bahwa,

Usia bertambah itu pasti. Namun, menjadi tua itu pilihan.

Bapak Haryadi Raharjo

Nah, kemarin hari Minggu, 1 Agustus 2021, aku dapat berbagai tips cara merawat diri sendiri agar sehat dan aktif bergerak sampai usia emas nanti dari acara launching produk terbaru Anlene.

Berikut aku berikan tips-nya dan dikombinasikan dengan cara merawat diri sendiri versi aku ya. Apa sajakah tipsnya, ini dia.

1. Tetap Aktif Bergerak dengan Berolahraga

Ada fakta unik, lho. Aku dapat fakta unik ini dari Mbak Rhesya Agustine selaku Marketing Manager Anlene, PT Fonterra Brands Indonesia.

Apa fakta uniknya? Jadi pada tahun 2016 Indonesia termasuk negara yang paling malas gerak. Bila ada 10 orang maka ada 3 orang yang malas ngapa-ngapain.

Nah, karena melihat fakta tersebut Anlene semakin aktif untuk menginspirasi masyarakat Indonesia untuk aktif bergerak.

Aktif bergerak bukan berarti harus olahraga yang berat-berat, kok. Kita bisa memulainya dengan berjalan-jalan di sekitar rumah. Meluangkan waktu 10-15 menit untuk berjalan kaki.

Atau kita bisa mengikuti senam-senam yang sekarang sudah banyak tutorialnya di YouTube bahkan kelas online-nya.

Satu hal yang perlu kita ingat adalah kita tak harus menghabiskan waktu lama untuk bergerak dengan berolahraga.

Jangan sampai kita semangat di awal saja, di awal kita menggebu-gebu olahraga macam-macam, tapi hanya bertahun satu minggu saja. Setelahnya sudah kembali mager.

Hal terpenting adalah konsisten. Luangkanlah waktu barang sejenak 10-15 menit tiap harinya untuk berolahraga mengendurkan otot-otot yang kaku, melenturkan kembali persendian.

Bukankah 15 menit untuk berolahraga itu sangatlah tak ada bandingannya dibandingkan apabila nanti di masa tua kita mengalami berbagai macam masalah kesehatan?

2. Menjaga Pola Makan Sehat dan Teratur

Kita adalah apa yang kita makan. Benar saja pernyataan tersebut. Apa yang kita makan membentuk kita hari ini termasuk riwayat kesehatan kita.

Seperti aku ini punya riwayat magh, dulu pernah salah pola makan dan tentunya tidak teratur. Apalagi pas zaman kuliah. Aku pernag menjamak atau menggabungkan makan pagi dengan makan siang.

Alasannya sih karena untuk menghemat, hehe. Namun, ternyata aku tak sanggup dan malah berujung kena gejala tipes.

Makanlah dengan makanan yang thoyyib atau baik, baik sumbernya, kandungan gizinya, dan tentu cara memperolehnya.

Selain itu pola makannya pun perlu diatur. Kalau kita biasa makan tiga kali sehari maka konsistenlah dengan pola tersebut.

3. Kombinasikan Olahraga dengan Nutrisi yang Tepat

Olahraga tanpa diimbangi dengan nutrisi yang tepat tentu hasilnya tidak akan maksimal.

Nutrisi itu penting dan kecukupan gerak atau aktivitas itu penting. Jika nutrisi saja yang dipentingkan maka ibarat bangun rumah udah beli material bagus tapi gak keburu dipakai untuk dibangun.

Nutrisi yang berkualitas sangat penting untuk memelihara organ gerak supaya bisa hidup sehat dan bergerak aktif.

Terkadang apa yang kita makan juga belum tentu mengandung nutrisi yang tepat, karena pengalaman pribadi biasanya makan yang disuka mulut saja. Nutrisinya ya bisa dibilang masih kurang lah.

Makanya aku sering melengkapi nutrisiku dengan susu tambahan. Aku salah satu konsumen dari Anlene. Alasan memilih Anlene karena menjadi salah satu investasi kesehatanku untuk aktif bergerak hingga usia emas nanti.

4. Berpikir Positif dan Being Mindfulness

Semenjak pandemi ini kita terus mendapati kabar-kabar buruk yang datang silih berganti. Entah sanak saudara yang terpapar COVID-19 atau pun yang meninggal karenanya.

Aku sempat dilanda cemas dan takut, tapi bukankah itu justru membuat imun tubuh menjadi menurun?

Aku mencoba untuk mengalihkan pikiran negatifku dengan pikiran positif. Selain itu, seringkali kecemasan membuatku overthinking akan apa yang terjadi di masa depan.

Kalau kebanyakan overthinking bisa jadi tua sebelum waktunya, nih. Sehingga hal yang sedang aku latih adalah mindfulness untuk lebih perhatian pada apa yang aku rasakan saat ini juga.

5. Banyak Bersyukur

Pagi hari menjadi favoritku untuk mengucapkan syukur yang tak terhingga karena masih diberikan kesempatan untuk bangun lagi menjalani aktivitas seperti biasanya.

Dalam keyakinan agama Islam barang siapa yang bersyukur maka akan Allah tambah nikmatnya.

Aku bersyukur sekali bisa diberikan kesehatan sampai saat ini. Semoga dengan rasa syukurku akan menambah nikmat kesehatanku dan yang lainnya.

Cari Partner yang Tepat Untuk Aktif Bergerak? Anlene Jawabannya

Ingin konsisten aktif bergerak tapi semangat naik turun? Hmm bagaimana ya? Jawabannya tentunya adalah cari partner yang tepat.

Kamu bisa cari partner yang tepat untuk saling mengingatkan dalam hal olahraga, bisa teman, keluarga, atau pun pasangan.

Kalau belum nemu gimana? Coba kuatkan komitmen diri dan pilih produk yang bisa menginspirasimu untuk aktif bergerak seperti Anlene.

Anlene baru saja meluncurkan produk terbarunya yakni Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X dengan segudang manfaat. Manfaat utamanya adalah memberikan nutrisi unggul untuk memberikan kekuatan, fleksibilitas, dan punya energi lebih sepanjang hari tanpa khawatir akan risiko kesehatan terkait usia kita.

Nah, mari kita bedah apa saja kandungan dan manfaat dari kedua produk baru Anlene ini.

Kandungan Anlene Actifit 3X

Anlene Actifit 3X bertujuan untuk membuat kita tetap aktif sepanjang hari. Adapun kandungan dan manfaatnya adalah sebagai berikut;

  1. Tinggi kalsium, kalsium penting untuk pembentukan, pemeliharaan kepadatan tulang dan gigi.
  2. Dibuat dengan 100 mg per sajian collagen yang tinggi vitamin C untuk pembentukan kolagen. Jaringan sendi butuh kolagen, ini mendukung agar kita tetap fleksibel dan lentur dalam beraktivitas.
  3. Vitamin B6 biar kita gak mager. Vitamin B6 membantu  metabolisme tubuh
  4. Lebih rendah lemak dari susu full cream tapi rasanya tetap enak.

Kandungan Anlene Gold 5X

Anlene Gold 5X hadir untuk sahabat Anlene agar bisa hidup sehat dan bebas bergerak. Nutrisinya superior dalam menjaga tulang, rendah kolesterol, tinggi kalium, rendah gula.

Keunggulan dari Anlene Gold 5X ini adalah rendah lemak jenuh, kolesterol, dan tanpa ditambahkan gula.

Adapun kandungan dan manfaatnya adalah sebagai berikut;

  1. Tinggi kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi
  2. Sama dengan ddibuat 100 mg per sajian kolagen dan tinggi vitamin C
  3. Protein dari susu berkualitas
  4. Vitamin B6 sebagai pembentukan energi dan regenerasi sel-sel dan jaringan
  5. Rendah lemak jenuh dan rendah kolesterol
  6. Tanpa ditambahkan gula.
  7. Mengandung kalium untuk membantu mengelola tekanan darah

Cari Tahu Kondisi Kekuatan, Kelenturan,dan Keseimbangan Tubuh Melalui Anlenemovecheck.com

Anlene tak hanya membuat produk susu unggulan saja, lho. Menariknya Anlene menyediakan sebuah website sebagai sarana kita untuk mencari tahu berbagai hal tentang kesehatan kita.

Kamu bisa membukanya di alamat anlenemovecheck.com.

Ada dua jenis pengecekan yang bisa kamu ikuti yakni,

  1. Cek kondisi tulang, otot, dan sendi.
  2. Cek usia tubuh dan jantung

Wah, menarik sekali bukan? Cara ikutnya GRATIS dan cukup mudah dilakukan di rumah.

Cara pengecekannya adalah sebagai berikut;

  1. Buka website anlenemovecheck.com
  2. Pilih pengecekan yang ingin kamu ikuti.
  3. Isi data pada form yang diminta.
  4. Lakukan instruksi yang diminta.

Sangat sederhana sekali, bukan? Ayo silahkan dicoba.

Makin Semangat Bergerak Aktif dengan #JadiAtletDiRumah

Semenjak kemenangan ganda putri yang menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 membuat gegap gempita negeri ini.

Kekaguman pada atlet pun meningkat. Kenapa tidak kita mengikuti langkah jejak mereka dengan memulainya dari rumah?

Anlene kembali menginspirasi masyarakat untuk menjadi atlet dari rumah dan turut serta mendukung para atlet kita yang ada sedang berlaga di Tokyo dengan membuat kompetisi #JadiAtletDiRumah

Kompetisi apakah itu? Jadi kompetisi #JadiAtletDiRumah ini mengajak kamu untuk membuat video singkat terkait olahraga yang dicontohkan Anlene yakni berjalan, berlari, berlompat di tempat.

Kompetisi #JadiAtletDiRumah berlangsung dari tanggal 23 Juli 2021 sampai dengan 8 Agustus 2021

Cara ikutnya adalah sebagai berikut:

  1. Follow akun Instagram @Anlene_Indonesia
  2. Rekam video singkat aktivitas gerak yang dicontohkan Anlene Indonesia.
  3. Upload video di feed Instagram dengan hashtag #JadiAtletDirumah, #PilihYangLebih, #LebihDariSusu, pastikan ada gambar produk Anlene dalam video.
  4. Tag akun instagram @anlene_indonesia dan ajak lima orang teman kamu.

Untuk info lebih lanjut bisa langsung kepoin akun Anlene Indonesia ya.

Sudah Siapkah Kamu Untuk Aktif Bergerak Hingga Usia Emas?

Kira-kira setelah baca cara merawat diri sendiri agar sehat sampai usia emas ini, apakah kamu jadi semangat untuk terus aktif bergerak dan berolahraga? Jawab di kolom komen ya.

Semoga tulisan ini menginspirasimu untuk aktif bergerak, berolahraga, mengatur pola makan, dan memberi nutrisi yang tepat untuk tubuh.

Ingat usia bertambah itu pasti, tapi menjadi tua itu pilihan.

Jangan pula hanya fokus berinvestasi pada keuangan saja, tapi berinvestasilah pada kesehatan tubuhmu. Salam aktif bergerak!

1 Shares:
22 comments
  1. Anlene mana nih ya yang paling cocok buat saya? Usia belum genap 40 tahun, tapi lutut udah suka terasa panas, haduuuh … Kok kayak nenek-nenek banget, ya? Saya suka olahraga dan sangat suka berlari. Tapi selama pandemi ya olahraga di rumah aja. Bisa banget kok keringetan. Tapi ya gitu, lutut tuh jadi bagian terlemah. Duh, berasa tuaaa jadinya.

  2. Pengen banget tetap sehat dan aktif saat golden age nanti. Golden age pas masa tua maksudnya bukan golden age 1000 hari pertama kehidupan itu, lol. Harus mulai rutinin work out dan konsumsi Anlene nih kayaknya buat mencapai tujuan tersebut..

  3. Setuju mbak, tetap aktif bergerak meski usia sudah tak lagi muda, karena dengan aktif bergerak ini kondisi kesehatan dan tubuh kita akan lebih baik. Saya juga masih aktif senam di usia kepala 4. Kesehatan adalah nomer satu, jadi harus mempunyai pola dalam menjaganya, termasuk mengkonsumsi susu berkalsium tinggi seperti Anlene ini, biar tulang kita tetap terjaga kekuatannya.

  4. Salah satu tantangan jadi full time remote worker memang cari2 waktu buat bergerak, kalau laptop udah nyala rasanya mau beranjak dari laptop, kok sayang banget hehe. Tapi gara2 ikut Event Anlene jadi tergerak buat bergerak sih, meski cuma 10-15 menit aja.

  5. Aduuhh… kalau lihat dari data yang dipaparkan Anlene, ngeri juga ya bahwa ternyata orang yang malas bergerak dan tidak olahraga tuh jauh lebih banyak. Padahal bergerak sangat dibutuhkan oleh tubuh agar otot, sendi dan tulang terus aktif. Tentu saja ditambah dengan nutrisi yang bagus agar nantinya kesehatan tubuh tetap terjaga hingga lanjut usia.

  6. Setelah mengikuti webinar ini saya jadi mendapat inspirasi dan motivasi untuk mau berolahraga. Mengikuti gentle yoga dan mendengarkan paparan ci Butet, membuat saya sadar bahwa olahraga itu tidak harus yang susah-susah. Bahkan bisa dilakukan di rumah saja.

  7. Di masa pandemi ini jadi sadar kalau kesehatan adalah harta yang paling berharga. Dan cara menjaganya itu sebetulnya hanya perlu olahraga dan menjaga pola hidup sehat aja ya. Harus ngalahin mager dan bergerak lagi.

  8. Setuju banget sama tips sehatnya. Sering bergerak tu banyak manfaatnya. Kalo kata Om Deddy Corbuzier, bisa meminimalkan risiko terpapar covid juga, dan tentunya juga bisa terhindar dari obesitas, yang mana kalau kita obesitas, maka akan menimbulkan penyakit-ppenyakit seperti diabetes, jantung, dll.

  9. mau sehat sampai tua bahkan sampai usia emas memang nggak mudah ya mbak
    ada usaha yang harus kita lakukan
    mulai dari rajin olahraga hingga mencukupi kebutuhan nutrisi terbaik
    biar bisa sehat sampai tua

  10. Kak Nabila jagooo..
    Uda gak sabar ikutan olahraga bareng Anlene. Memang good vibes banget sih ya..
    Soalnya kalau olahraga rame-rame, jadi lebih bersemangat.
    Dan dengan Anlene, jadi paham banyak hal. Termasuk pentingnya bergerak aktif walau dirumahaja.

  11. Mbak, aku kira anlene itu cuma buat yang usia matang. Ternyata usia produktif juga bagus untuk tambahan nutrisi ya Mbak?

    Makasih share insightnya Mbak. PR untuk saya biar lebih rajin olahraga

  12. Gaya hidup saat ini bakal berpengaruh banget ya untuk kesehatan di hari tua. Sebelum usia 30, saya tuh cuek banget, enggak suka olah raga. Memasuki usia 30, baru terasa deh. Makanya sekarang jadi lebih rajin olah raga dan jaga makan, hehe.

  13. Aku. Mulai minum anlene pada saat usia menginjak 21 thn, karena pada saat itu aktifitasku seharian penuh dan butuh badan selalu sehat. Minum anlene walau tidak langsung ngefek seperti jamu. Namun ibarat menabunh kesehatan sejak dini. Alhamdulillah fit terus.

  14. Betul banget ini harus tertib rawat kesehatan agak di usia emas tetap bersinar cemerlang spt emas ya mba…. bukannya penyakitan. Ulasannya lengkap banget nih mba… layak jd referensi … πŸ₯°πŸ₯°πŸ‘πŸ™

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like