5 Tips Saat Hamil Agar ASI Lancar

Tips saat hamil

Akhirnya Salman, anakku sudah wisuda dari proses ASI. Meskipun wisudanya cukup menyedihkan, ia sudah tak mau menyusui lagi setelah proses operasi tumor yang ada di lidahnya. Namun, alhamdulillah. Oke, melalui artikel ini aku pengen berbagi tentang beberapa tips saat hamil agar ASI lancar.

Jujur, rasanya sedih ketika melihat anak-anak karena kondisi tertentu harus minum susu formula. Eits, aku bilang seperti ini bukan karena susu formula tidak baik, tentu baik susu ASI maupun susu formula semuanya baik dan punya tujuan untuk memberikan gizi terbaik bagi si buah hati.

Hanya saja, susu ASI itu ternyata ajaib, lho. Eh, bukan kayak sulap dan sihir ya. Jadi, ajaibnya itu, ia bisa beradaptasi dengan apapun kondisi si bayi. Misalkan, nih, si bayi lagi sakit maka ASI yang keluar pun akan beradaptasi dengan kondisi si bayi. Sehingga menjadi salah satu penyembuhan yang mujarab.

Bagi kamu yang membaca artikel ini dan sedang hamil, semoga tips saat hamil yang aku bagikan ini bermanfaat untuk membantu produksi ASI kamu lancar ya.

Tips Kehamilan Sehat untuk ASI yang Lancar

Ketika aku hamil, aku mengikuti beberapa kelas kehamilan dan sungguh takjub dengan manfaat ASI yang luar biasa dan tak akan tergantikan dengan susu formula.

Misalkan seperti yang tadi aku bilang, ketika sakit ASI akan lebih banyak mengeluarkan zat antibodi untuk mempercepat kesembuhan si anak.

Alhamdulillah selama dua tahun ini, Salman kalau sakit jarang kami beri obat. Misalnya lagi demam dan badannya agak panas, ikhtiar kami adalah dengan memberikannya banyak ASI.

Sejatinya, anugerah ASI sudah jadi paket lengkap dengan kehamilan kita. Ketika kita memasuki usia kehamilan pada trimester kedua, produksi ASI sudah menunjukkan tanda-tandanya.

Tanda-tandanya adalah seperti puting yang semakin menonjol, aerola yang semakin melebar, dan kelenjar aerola yang semakin membesar. Bahkan dulu pas aku masih hamil, terkadang sudah mulai keluar tetesan ASI meskipun sedikit demi sedikit.

Setelah aku tahu kenapa ASI penting, pokoknya aku berazam dan bertekad dalam hati untuk nanti akan komitmen meng-ASI-hi selama 2 tahun. Karena itulah yang diajarkan dalam agamaku untuk memberikan hak anak yakni ASI selama 2 tahun.

Biar kamu makin mantap, aku akan berbagi apa saja manfaat ASI. Bahkan ASI itu enggak hanya bermanfaat untuk si bayi saja, tapi untuk ibu, bahkan keluarga. Penasaran, kan? yuk kita simak.

Manfaat ASI untuk Bayi, Ibu, dan Keluarga

Berikut ini adalah beberapa manfaat ASI baik untuk bayi, ibu, dan keluarga.

Manfaat ASI untuk Bayi

  1. Memberikan segala zat yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhannya. Kehamilan sehat yang dijalani dengan baik sehingga bisa menghasilkan ASI akan mencegah bayi lahir dengan stunting.
  2. Membantu pertumbuhan dan perkembangan otak dan fisik bayi sehingga si bayi tumbuh menjadi bayi yang cerdas. Alhamdulillah untuk ini, aku merasakan betul.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh. Alhamdulillah selama full ASI ini, si bayi jarang banget sakit dan kalaupun sakit proses penyembuhannya bisa lebih cepat.

Manfaat ASI untuk Ibu

  1. Mencegah terjadinya kanker payudara yang tidak diinginkan. Ketika kita hamil, tentu barang pasti bahwa kondisi payudara pun berubah. Volumenya bertambah banyak dan kadang di awal kehamilan akan terasa membesar dan padat karena sudah memproduksi ASI. Kalau ASI tidak dikeluarkan akan meninggalkan rasa sakit dan bahayanya bisa memicu terjadinya kanker payudara.
  2. Membangun tali hubungan (bonding) dengan si bayi. Ini adalah salah satu cara termudah bagi ibu untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan si bayi.
  3. Mempercepat pengecilan rahim. Kalau rahim bisa lebih kecil dengan cepat maka bentuk perut juga akan kembali dengan cepat.
  4. Bisa KB alami, hihi.

Manfaat ASI untuk Keluarga

  1. Membuat hemat pengeluaran. Tentu! karena ASI itu gratis dan melimpah.
  2. Membangun hubungan yang harmonis dalam keluarga.
  3. Anak punya rasa peka dan kedekatan emosional yang lebih tinggi dengan anggota keluarganya.

Setelah mengetahui beberapa manfaat ASI, makin tergerak untuk komitmen meng-ASI-hi dua tahun kah?

Oke, langsung saja, akan kubocorkan tips saat hamil yang membuat produksi ASi-ku melimpah ruah.

Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Hamil maupun Ketika Program Hamil

Oke, apa yang aku bagikan di sini adalah apa yang pernah aku jalani saat hamil.

1. Baca Buku dan Ikut Kelas tentang Menyusui

Kenapa ini penting? Ibarat kamu ingin pergi ke Aceh tanpa tahu bagaimana petanya, apakah kamu akan sampai ke tujuan? Iya, sampai, tapi mungkin kamu akan tersesat dulu dan perlu waktu yang lebih lama.

Awalnya aku sudah tahu tentang pentingnya ASI ini, tapi aku masih penasaran bagaimana agar proses menyusuiku lancar dan membahagiakan maka aku perlu cari ilmunya.

Intinya perbanyak ilmu untuk membantu kamu mengerti seluk-beluk menyusui secara ilmiah. Kamu bisa perbanyak membaca buku atau mengikuti kelas tentang menyusui dari para konselor menyusui.

2. Hadirkan Pikiran dan Afirmasi Positif

Ini penting banget juga! Kamu perlu menghadirkan pikiran dan afirmasi positif bahwa ASI kamu akan keluar melimpah dan proses meng-ASI-hi akan berjalan lancar.

Kenapa ini penting, karena ini sangat membantu proses produksi ASI. Pikiran itu sangat mempengaruhi proses produksi ASI.

Aku pernah ketika ingin memompa ASI, saat itu pikiranku terasa terburu-buru dan emosi tidak stabil. Alhasil ASI yang keluar sedikit banget.

Agar tercipta pikiran yang positif, ajak keluarga untuk bisa mendukung adanya kondisi yang positif juga.

3. Rajin Minum Air Putih Agar Terhidrasi dengan Baik

Nah ibarat produksi pabrik, air putih dengan ukuran tertentu menjadi salah satu bahan produksi. Begitu juga dengan ASI.

Ketika pikiranmu tenang, positif, dan ditunjang dengan meminum air putih yang cukup maka produksi ASI akan lancar.

4. Makan Makanan yang Merangsang Produksi ASI

Saat hamil juga perlu ditunjang dengan makan makanan yang merangsang produksi ASI seperti aneka ragam kacang-kacangan, sayur bayam (sayuran hijau lainnya), daun katuk, almond, dan banyak lagi lainnya.

5. Konsumsi Makanan Sehat dan Jalani Gaya Hidup Sehat

Bagian ini juga tak kalah pentingnya. Jangan hanya fokus untuk makan makanan yang merangsang produk ASI. Makan dengan gizi yang seimbang juga penting agar bayi tidak stunting dalam kandungan dan memperoleh zat yang ia butuhkan.

Tak lupa juga seimbangkan dengan gaya hidup yang sehat. Meskipun kamu hamil, kamu perlu untuk berolahraga, ya.

Lancarkan Program Hamil dan Misi Meng-ASI-hi dengan Klinik Kehamilan Sehat

Kru Klinik Kehamilan Sehat. Sumber: kehamilansehat.com

Apakah kamu sedang melakukan program hamil dan ingin program hamilnya sehat hingga nanti lancar memberikan ASI? Kalau iya, semoga informasi Klinik Kehamilan Sehat ini bisa menjadi pilihan sebagai partner terbaik dalam lancarnya proses kehamilan hingga persalinan.

Klinik kehamilan sehat ini adalah klinik yang didirikan oleh Pak Agus Jatmika Soegiarto dan sudah berbadan hukum dengan nama PT. Kehamilan Sehat Sejahtera.

Tagline dari klinik ini sungguh menarik yakni “Klinik Berkualitas Rumah Sakit untuk Lakukan Persalinan Normal.”

Klinik Kehamilan Sehat ini sudah berdiri semenjak tahun 2016 dan sudah melayani lebih dari 200.000 pasien baik untuk program persalinan, program kehamilan, pemeriksaan kehamilan, proses pemasangan IUD, dan juga dilengkapi dengan layanan farmasi dan cek laboratorium.

Apa saja yang dilayani di klinik kehamilan sehat? Berikut ini daftar layanan yang disediakan:

  1. Persalinan Normal
  2. Program Kehamilan
  3. Pemeriksaan Kehamilan (USG 2D & 4D)
  4. Senam Hamil
  5. Farmasi dan Cek Laboratorium
  6. Poli Anak
  7. Pemasangan IUD

Apa kelebihan dari klinik kehamilan sehat ini?

  1. Harga kompetitif, pelayanan yang berkualitas setara kualitas rumah sakit.
  2. Mengikuti segala standar prosedur yang biasa dilakukan rumah sakit.
  3. Mengutamakan kejujuran dan transparansi informasi kepada pasien.
  4. Mengutamakan proses persalinan normal untuk pemulihan lebih cepat dan kehamilan yang lebih sehat.

Wah, setelah mengetahui kelebihan dari klinik kehamilan sehat apakah membuatmu semakin tertarik? Kalau iya, terus adanya dimana dong klinik ini?

Tenang, awal tahunn 2021 kemarin, Klinik Kehamilan Sehat sudah punya 15 cabang, lho. Tinggal kamu pilih mana yang paling dekat dengan domisili tempat tinggalmu.

Klinik Kehamilan Sehat tersebut ada di beberapa kota besar seperti Jakarta Timur, Palembang, Bandung, Surabaya, Bekasi, dan Tangerang.

Untuk mengetahui update terbaru dari Klinik Kehamilan Sehat, yuk ikuti Instagram Klinik Kehamilan Sehat.

Sudah siapkah kamu untuk menjalani program hamil sehat dan hingga akhirnya nanti bisa memberikan ASI selama dua tahun?

Selamat mempraktekkan lima tips saat hamil agar ASI lancar ini, semoga bermanfaat ya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like