Mengasah Logika Matematika Dalam Bisnis Online melalui Buku

Yeay, akhirnya keturutan juga ngidam ke semarang dan akhirnya bisa me time juga di Gramedia.

Gramedia menjadi salah satu tempat favoritku untuk me time karena entah kenapa aku dapat banyak inspirasi ketika berada di gramedia. Begitu juga dengan bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain memberikanku banyak inspirasi.

Ketika berjalan-jalan di sekitar rak gramedia, mataku menangkap buku yang menarik yakni buku dengan judul Sulap 75 Ribu Jadi 300 Juta yang ditulis oleh Banin SN seorang owner rumah ipus.

Ketika membuka bukunya dan melihat daftar isinya ini buku menarik sekali, memberikan tips kepada para pelaku bisnis online dan juga motivasi. Kebetulan aku dan sahabatku juga membuat brand bisnis online di bidang fashion. Namanya breezia labels. Konsep bisnis online yang aku dan sahabatku buat adalah membuat daily dress yang membuat ibu-ibu nyaman dan merasa cantik walau hanya dalam rumah saja. Oh ya yuk kepo dan follow breezia labels dengan klik disini. Lagi ada model daily dress baru loh.

Nah kembali lagi ke buku jadi rumah ipus adalah bisnis online yang bergerak dibidang handy craft. Kalau aku tengok instagramnya itu mereka juga menjual busy book untuk anak-anak balita. Followernya pun sudah banyak.

Aku belajar hal baru dari buku itu seperti mencari topik trend melalui google trend, mendaftarkan bisnis kita di google business dengan mendownload aplikasinya. Trus aku belajar tentang penentuan harga. Ada tiga macam cara penentuan harga dalam buku itu.

Petama, dengan menentukan harga produksi ditambah dengan margin yang diinginkan. Kedua, nah yang kedua ini sebenarnya yang menarik hatiku. Penentuan harga yang kedua adalah dengan melihat harga yang ada di pasaran.

Jadi pernah ada cerita rumah ipus menjual barang X dengan harga lima puluh ribu. Di olshop lain barang X dijual dengan harga diatas seratus ribu. Orderan tentu datang banyak. Namun suatu ketika ada pelanggan yang menanyakan apakah barang X itu asli atau tidak dikarenakan di beberapa olshop harganya memang 100 ribu lebih. Akhirnya customer itu pun memutuskan untuk membatalkan pemesanan barang X itu.

Wah aku baru tahu, penentuan harga yang ketiga lupa deh hihi. Emang sih kalau ada barang yang pasarannya agak mahal trus ada yang menjual dengan harga miring banget itu bisa jadi pertanyaan. Orisinil nggak ya barang itu.

Jadi para pelaku olshop mari bijak dalam menentukan harga.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like