Tribelio, Cara Mudah Membangun Personal Branding Bagi Penulis

Membangun personal branding dengan tribelio

Apakah kamu sudah mendapatkan manfaat dari membangun personal branding? Kalau aku alhamdulillah sudah. Bahkan apa yang aku kerjakan sekarang karena aku mencoba mem-branding diri sebagai seorang penulis.

Ibarat kalau kita pengen dikenal maka ya kita perlu memunculkan diri. Sebagai seorang introvert, aku bersyukur sekali dengan adanya internet. Aku bisa mengenalkan diriku pada dunia dengan mudah lewat sosial media, komunitas online, dan blog yang aku miliki.

Sekarang semakin banyak platform yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan personal branding. Salah satunya adalah platform karya anak bangsa yakni Tribelio yang dikembangkan oleh digital marketing Indonesia favoritku yakni Denny Santoso.

Bagaimana Tribelio bisa membantu membangun personal branding-mu sebagai penulis? Yuk, simak tulisan berikut ya.

Apa itu Tribelio?

Tribelio Homepage
Homepage Tribelio Page

Apakah teman-teman merasakan bahwa sekarang makin banyak brand-brand atau bisnis yang punya komunitas sendiri?

Apakah teman-teman juga sering melihat banyak webinar-webinar online yang diadakan oleh banyak organisasi, bisnis, atau pun perusahaan?

Apakah teman-teman sering melihat seruan untuk download berbagai macam konten dengan gratis?

Sering. Iya, sekarang ketiga hal itu jadi hal yang lumrah dan konon ke depannya tren tersebut akan jauh berkembang.

Mengapa komunitas menjadi hal yang digunakan banyak bisnis? Karena komunitas adalah masa depan digital marketing ke depannya.

Hal itulah yang sudah diprediksikan oleh Denny Santoso. Oleh karena itu, Denny Santoso membangun sebuah metaverse dengan salah satu katalisatornya adalah Tribelio dan Tribelio Page.

Tribelio adalah sebuah platform praktis untuk mengelola komunitas, mengubah followers di sosial mediamu menjadi anggota komunitas, dan di platform ini kamu bisa memasarkan produk/layananmu kepada komunitasmu.

Tribelio dapat diakses melalui website maupun aplikasi. Sebuah platform yang praktis dimana kita bisa membuat komunitas, membuat konten dan berinteraksi dengan anggota komunitas kita layaknya kita bersosial media.

Sedangkan Tribelio page adalah halaman yang bisa digunakan untuk membuat landing page. Kalau kamu familiar dengan link yang ada di bio Instagram atau TikTok maka kamu bisa juga loh membuat link in bio dengan Tribelio page ini.

Di Tribelio Page ini kamu dapat menambahkan berbagai macam fitur secara GRATIS, mulai dari teks, foto, foto GRID, link yang ingin kamu cantumkan, dan bahkan form agar followers kamu mau mengisi dan kamu bisa mendapatkan database yang suatu saat nanti akan bermanfaat bagimu.

Mengapa Tribelio Ada dan Kenapa Kamu Perlu Menggunakannya?

Kenapa sih ada Tribelio? Mengapa Koh Denny Santoso repot-repot untuk membuat platform tersebut, kan sudah ada sosial media?

Hmm, jadi gini. Ada rahasia dibalik Tribelio ini dan tujuan dibangunnya Tribelio ini sungguh diperuntukkan untuk para content creator.

Masa depan digital marketing ke depannya itu ada di komunitas. Karena komunitas itu adalah orang-orang yang sudah minat dengan topik tertentu.

Ketika kita sebagai content creator sudah memiliki komunitas, maka ketika nanti kita memiliki produk/layanan akan lebih mudah untuk menjualnya.

Tribelio ini adalah universe yang koh Denny Santoso ciptakan agar pembuat konten dan blogger seperti kita mudah untuk menghasilkan penghasilan yang berkelanjutan.

Bayangkan, misal kita sudah punya akun sosial media dengan puluhan ribu atau bahkan jutaan followers, tapi tidak kita apa-apa kan? Maka itu sungguh sia-sia.

Kita sudah membuat konten di sosial media, lantas apa selanjutnya? Ini biasanya yang jadi pertanyaan.

Iya, memang ada endorse, affiliate, dan lainnya yang bisa digunakan. Namun, apakah kita mau terus-menerus bergantung kepada sosial media.

Bagaimana jika sosial media tersebut tiba-tiba sepuluh tahun lagi tutup dan tidak beroperasi, akan dikemanakan lagi followers kita kalau kita tidak punya datanya?

Nah, perlu banget untuk seorang content creator membuat database dari followers-nya. Caranya bagaimana?

  1. Buatlah sebuah komunitas dengan topik yang sesuai bidangmu.
  2. Ajak followers bergabung dengan mengisi sebuah form.
  3. Setelah mereka mengisi form, masukkan mereka ke platform komunitas seperti Tribelio, jangan lupa untuk membuat Tribe kamu sendiri di Tribelio ya.
  4. Buatlah konten yang mengajak mereka berinteraksi.

Caraku Membangun Personal Branding Sebagai Seorang Agile Writer di Tribelio

Branding Diri Sebagai Agile Content Writer

Aku sudah tahu Tribelio dari lama dan sudah membeli dua buku seri dari koh Denny Santoso yang judulnya List Building Black Book dan Content Creator Black Book.

Dan aku mencoba mulai menerapkannya. Aku sedang berusaha menggencarkan pesona branding sebagai seorang Agile Writer.

Apa itu Agile Writer? Singkatnya seorang penulis yang tangkas, fleksibel, dan mampu beradaptasi terhadap segala perubahan.

Aku pun ingin membagikan proses menjadi seorang agile writer dengan membuat tribe bernama Agile Content Writer.

Tagline-nya adalah Write and Think Like A Businessman.

Buat kamu yang penasaran bisa bergabung dengan Tribe Agile Content Writer ya. Di sana aku akan share tentang apa itu agile content writer dan banyak pembahasan seputar penulisan konten.

Tribe Agile Content Writer di Tribelio
Tribe Agile Content Writer di Tribelio

Cara buatnya mudah banget dan GRATIS, lho.

Selain itu aku juga mencoba membuat landing page untuk profil pribadiku. Ini seperti link in bio gitu. Dalam satu page, kita bisa memasukkan berbagai macam link dan fitur lainnya.

Di landing page tersebut, aku menambahkan formulir untuk mendaftar 7-Days Content Writing Challenge.

Begini penampakan Tribelio Page Nabila Ghaida Zia milikku.

Personal Landing Page di Tribelio Page
Personal Landing Page di Tribelio Page

Tips Mudah Membangun Personal Branding

Buat kamu yang masih berproses sebagai penulis yang sedang melakukan personal branding, kamu bisa melakukan tips berikut:

  1. Cari tahu added value (nilai tambah) dari dirimu.
  2. Cari tahu apa yang membuat tulisanmu berbeda dengan lainnya.
  3. Bagikan tulisanmu ke sosial media.
  4. Bagikan aktivitasmu yang berhubungan dengan personal branding di sosial media.
  5. Berikan konten yang berkualitas di sosial media
  6. Buatlah komunitasmu sendiri dengan Tribelio dan buat komunitas tersebut aktif.

Aku sudah mencoba Tribelio dan Tribelio Page, ini sekarang giliranmu. Masa depan kita terbuka lebar disana. Selamat mencoba!

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like